TUGAS AKHIR KIMIA SAINS
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Green
Chemistry Concept)
PENGOLAHAN
AIR LIMBAH INDUSTRI TAHU DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM ANAEROB – AEROB DAN
BIOFILTER ANAEROB - AEROB
Aspek Green
Chemistry
Satuan
Pendidikan SMA
Mata
Pelajaran Kimia
Kelas X Semester 1
Oleh
Suprataman
NIM. I2E 012 028
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN IPA
PASCA SARJANA UNIVERSITAS MATARAM
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Green
Chemistry Concept)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit
dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi.
Kompetensi dasar : 3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya
dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
I. Indikator:
1.
Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam
memecahkan masalah lingkungan.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
- Mendeskripsikan
konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah
lingkungan.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Penerapan Konsep Redoks dalam Mengatasi Masalah Pencemaran Lingkungan (Metode
Penguraian Anaerob-aerob dan Biofilter Anaerob-aerob);
2.
Konsep Green Chemistry
F. METODE
PEMBELAJARAN
- Penyampaian
informasi
- Diskusi
- Penugasan
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Khamidinal, dkk, Kimia untuk SMA kelas X semester 1 jilid 1A, BSE. Pusat Perbukuan. Departemen
Pendidikan Nasional. Pustaka Insani Madani. 2009 Jakarta.
- Sugiarto Anto, 2009. Pengolahan Air Limbah dengan
Teknologi Bersih. www.pegelolaanlimbah.com, 18/9/2009.
- Buku lain yang relevan
H. STRATEGI
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Ke-
|
Strategi Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
1. Pendahuluan
a.
Salam pembuka, doa dan presensi.
b.
Mengingatkan
kembali tentang konsep larutan elektroli dan non elektrolit
c.
Mengingatkan
kembali tentang bilangan oksidasi
2. Kegiatan Inti
a. Melakukan diskusi dan
presentasi kelompok tentang pengolahan limbah tahu metode Penguraian
Anaerob-aerob dan Biofilter Anaerob-aerob.
b. Mengaitkan proses
pengolahan limbah cair tahu dengan konsep reaksi oksidasi reduksi.
d.
Mengkaji
proses pengolahan limbah tahu metode lumpur aktif ditinjau dari 12 prinsip
Green Chemistry
3. Penutup
e.
Guru memberikan tugas membuat persamaan reaksi redoks pada metode pengelolaan limbah tahu.
f.
Guru
membagi 2 kelompok diskusi untuk membahas konsep green chemistry dalam
pengelolaan limbah tahu
g. Guru menutup pelajaran dengan salam dan
doa.
|
2 x 45 menit
|
2
|
1. Pendahuluan
a. Salam pembuka, doa dan presensi.
b.
Mempersiapkan
acara diskusi.
2. Kegiatan Inti
a.
Mendiskusi
hasil kajian pustaka pengelolaan limbah cair tahu dikaji dari 12 prinsip
Green Chemistry.
b.
Siswa
mengkaji dan mengetahui konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
3. Penutup
a. Guru memberikan penguatan tentang Konsep
Redoks dalam pengelohan limbah industri tahu dikaitkan dengan 12 prinsip Green
Chemistry
b. Guru menutup pelajaran dengan salam dan
doa.
|
2 x 45 menit
|
I. PENILAIAN
- Teknik
Penilaian : Tes individu
- Bentuk
Instrumen : Tes tertulis uraian
- Instrumen
/ Soal :
1. Sebutkan faktor-faktor yang dijadikan indikator air
bersih dan air tercemar.
2. Apakah
yang dimaksud lumpur aktif ?
3. Jelaskan
proses pengolahan limbah dengan metode penguraian anaerob-aerob
dan biofilter anaerob-aerob ?
4. Jelaskan 12 prinsip green chemistry dalam pengolahan air
limbah industri tahu
5. Jelaskan
fungsi penambahan serbuk karbon aktif pada proses pengolahan limbah dengan
lumpur aktif.
6. Menuliskan reaksi redoks yang terjadi dalam pengelolaan
air limbah industri tahu
Mengetahui,
|
Mataram, ................ 2013
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata
Pelajaran,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
__________________________
|
Supratman, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar